Cara Kerja Hot Air Gun Soldering


Artikel ini berguna untuk reparasi dalam menyolder komponen Elektronik dengan solder listrik dengan hembusan angin panas. Di sini kami membahas tentang hot air gun soldering yang bisa kita gunakan untuk mencabut dan mematri komponen elektronika yang mungil.

Pengenalan dan Cara Kerja Solder Uap

Bagi anda yang berkiprah dalam dunia montir mungkin solder portable ini berkhasiat bagi anda dalam membetuli perlengkapan elektronik. Solder uap ini bisa dibawa kemana-mana yang dilengkapi dengan tiga buah mata hot air gun. Produk ini amat ringan dan murah, pantas untuk anda yang bekerja sebagai teknisi.

Maksud Solder Uap/ Blower

Solder uap merupakan teknik penyolderan menerapkan semburan tekanan udara yang panas yang bisa dibatasi tekanan angin dan temperaturnya.

Fungsi Penggunaan Solder Uap

Dalam melaksanakan perbaikan (repair) perlengkapan elektronik karenanya solder uap atau blower ini berfungsi untuk diterapkan dalam mencabut serta memasang ulang kembali spart part bagian elektronik  berupa IC imut SMD, resistor surface, condensator dan lainnya. Solder uap ini juga berfungsi sebagai drying atau untuk mengeringkan board elektronik umpamanya pcb board handphone dikala kemasukan air.

Solder uap analog merupakan blower solder uap yang berfungsi untuk penyolderan. Solder blower ini  amat pantas bagi anda yang bergerak dalam bidang montir. Solder uap ini dilengkapi dengan mata sembur blower sebanyak 3 unit dengan ukuran lubang sembur yang berbeda. Saat mencabut IC SMD kita membutuhkan alat bantu berupa pinset agar timah tidak menempel kembali dikala kaki IC mulai meleleh.

Cara Penggunaan Solder Uap Portabel Analog

Cara pemakainnya amat mudah, anda tinggal mengubah posisi 'mata hot air gun' untuk situasi kerapatan uap dan semburkan panasnya pada bagian perlengkapan elektronik yang akan anda solder. Kita perlu hati-hati dalam memegang temperatur dikala anda mencabut spare part IC atau bagian elektronik lainnya.

Trik Mengaplikasikan Solder Uap

Dalam progres soldering menerapkan solder uap perlu menjadi perhatian bagi anda merupakan dalam memegang tekanan angin  yang keluar karena seandainya terlalu pesat (apalagi dengan temperatur tinggi) akan mengakibatkan bagian elektronik yang imut-imut pada papan PCB akan tercabut. oleh karena itu sebelum menyoroti dan menyeburkan uap panas ini ke bagian wajib diseting dahulu tekanan angin dan temperatur.

Harga Solder Uap Cody 850A Analog

Harga hot air gun soldering ini berkisar Rp 400 ribu hingga 600 ribu-an. Coba cari harga yang lebih murah melalui sebagian laman. Sekiranya tidak terdapat di tempat anda karenanya temukan barang ini di distributor atau laman online yang memasarkan barang ini.