Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Gambarnya


Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Gambarnya - Renang merupakan keliru satu cabang olahraga aquatik. Renang adalah usaha untuk mobilisasi (mengapungkan atau mengangkat) semua anggota tubuh ke atas permukaan air. Renang kebanyakan dikerjakan tanpa perlengkapan bantuan. Renang adalah cabang olahraga yang memakai anggota tubuh terutama anggota tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Olahraga renang tak sekedar menyehatkan terhitung mempunyai manfaat. kegunaan olahraga renang tersedia lima, yaitu: 


  1. Sebagai fasilitas bermain/rekreasi Kolam renang bisa dijadikan sebagai fasilitas bermain dan rekreasi. Anakanak dan balita bisa menyukai permainan air.
  2. Menyehatkan badan dan bisa merangsang gerakan motorik Berolahraga renang bisa menyehatkan badan. Bagi balita dan anak-anak, otot-ototnya bisa berkembang, persendian bisa tumbuh optimal, tubuh jadi lentur, dan perkembangan badan meningkat. 
  3. Dapat menghilangkan rasa khawatir pada air Dengan berolahraga renang bisa menghilangkan rasa khawatir pada air. Sehingga baiknya, semenjak bayi sudah dibiasakan bermain air dan kelak jika sudah besar tidak khawatir pada air. 
  4. Meningkatkan keberanian, yakin diri dan mengasah kemandirian. Olahraga renang bisa mendorong kami tumbuh jadi sosok yang berani, yakin diri tinggi, dan mandiri. 
  5. Meningkatkan kapabilitas sosial Olahraga renang yang dikerjakan bersama bisa menumbuhkan rasa kebersamaan. Juga bisa tingkatkan kapabilitas untuk beradaptasi dan bersosialisasi bersama dengan orang lain.


Macam-Macam Gaya Renang

a. Renang Gaya Bebas

Renang style bebas adalah gerakan yang dikerjakan bersama dengan langkah menelungkupkan badan, di mana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Pada style bebas tubuh berada pada posisi datar di atas air dan bahu agak ke belakang. Sementara kaki berada sebagian inci di bawah permukaan air. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga wajah dan pandangan mata ke depan.

b. Renang Gaya Punggung

Renang style punggung adalah style berenang bersama dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Gerakan style punggung mirip bersama dengan gerakan style bebas. Pada style punggung wajah perenang berada di atas permukaan air, mudah untuk bernafas dan lebih mudah membuka mata. Namun, pada style punggung, bisa sukar memilih arah gerak dikarenakan mata yang menghadap ke atas. Pada style punggung kaki lebih aktif bergerak ke atas. Pergelangan kaki perlu diusahakan tetap lemas.

c. Renang Gaya Dada

Renang style dada disebut terhitung renang style katak, dikarenakan gerakannya mirip katak saat berenang di air. Renang style dada adalah style renang bersama dengan posisi tubuh layaknya merangkak di permukaan air dikombinasikan bersama dengan gerakan kaki dan tangan. Tangan dan kaki berada di dalam air serta kepala bergerak naik turun berasal dari dalam air ke permukaan air. Perenang bisa menyaksikan ke depan dikala berenang.

e. Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang style kupu-kupu merupakan pengembangan berasal dari style dada. Gaya kupu-kupu adalah style berenang yang dikerjakan bersama dengan ke dua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Kedua tangan membentang sesudah itu mengepak untuk mengayuh maju ke depan. Gerakan dua tangan setelah itu layaknya gerakan sayap kupu-kupu. Untuk melakukan style ini diperlukan tenaga yang besar, irama dan koordinasi gerak yang baik. Gaya ini paling sukar dipelajari dibandingkan style lainnya.

Alasan Orang Menggunakan Gaya Dada

Alasan mengapa renang style dada jadi salah satu yang paling tenar adalah gerakannya simpel dan mudah dipahami. Bahkan bagi mereka yang baru studi berenang maupun atlet sekalipun, bisa menyesuaikan sendiri kecepatan gerakan saat berenang bersama dengan style dada.Lalu apa saja kegunaan renang style dada?

1. Baik untuk pemula

Anak-anak mulai berasal dari umur 2 tahun pun bisa diajarkan tehnik renang style dada secara perlahan. Mulai berasal dari mobilisasi ke dua tungkai ke samping secara bergantian, hingga tehnik pernapasannya.Manfaat renang style dada adalah baik untuk pemula dikarenakan mereka bisa melakukan style ini bersama dengan tetap berada di permukaan air. Dengan demikian, perenang pemula bisa menyadari posisi mereka di air dan tidak rentan panik.Tak hanya itu, style dada terhitung memberi tambahan saat bagi siapa saja untuk studi bersama dengan tenang dan tidak terburu-buru. Mereka tak perlu bergerak terlampau cepat dan bisa menyesuaikan tempo bersama dengan kapabilitas masing-masing.

2. Hemat energi

Ada banyak perenang profesional yang memakai style dada saat perlu menempuh banyak lap. Alasannya dikarenakan kegunaan renang style dada adalah hemat energi.Ketika melakukan style dada, tersedia saat recovery yang memadai untuk tangan dan kaki secara bergantian. Ketimbang style renang lainnya, tubuh bisa mengambil saat beristirahat lebih banyak saat melakukan style dada.Gerakan kaki yang konstan ke samping terhitung memberi tambahan saat bagi gerakan di awalannya untuk “mendorong” seseorang bergerak di dalam air sebelum dapat melakukan gerakan selanjutnya.

3. Olah semua tubuh

Perhatikan perenang yang tengah melakukan style dada, semua anggota tubuhnya turut bergerak. Jika dikerjakan bersama dengan konsisten, artinya seseorang tengah membangun kekuatan, kekuatan tahan, dan terhitung kemampuannya dalam memproduksi semua tubuhnya.Gerakan dalam style dada terjadi secara simultan. Saat bergerak, tubuh bisa terdorong dalam air. Setelah itu, tubuh mendapat kesempatan untuk beristirahat sebagian detik sebelum dapat melakukan gerakan selanjutnya.

4. Membakar kalori

Jika Anda mencari style olahraga yang ampuh membakar kalori, jangan sangsi memilih renang. kegunaan renang style dada keliru satunya adalah membakar 200 kalori selama berenang 30 menit.
5. Olahraga cardio yang baik
Manfaat renang style dada yang tak kalah penting adalah menopang memperkuat jantung dan paru-paru. Secara fisik, gerakan dalam style dada bisa membentuk otot di paha, punggung atas, triceps, paha belakang, kaki anggota bawah, dan pasti saja dada.

Teknik Gaya Dada

Teknik melakukan renang style dada yang pas di antaranya:

1. Dalam air
  • Kepala sejajar bersama dengan semua tubuh
  • Bahu, paha, dan kaki berada dalam satu garis horizontal lurus
  • Jaga paha tidak terlampau turun dalam air
  • Bahu dan leher serileks mungkin


2. Gerakan tangan
  • Tak perlu mobilisasi tangan terlampau lebar dikarenakan stimulus berkunjung berasal dari gerakan kaki
  • Tangan bergerak menyamping hingga ke belakang layaknya bisa menyentuh dada anggota atas


3. Gerakan kaki
  • Posisi lutut lebih lebar berasal dari paha dan didorong ke belakang hingga ke dua kaki lurus
  • Saat ke dua kaki lurus, telapak kaki tetap aktif


4. Pernapasan
  • Angkat ke dua bahu untuk mengangkat wajah supaya bisa menyita napas
  • Biarkan kepala naik ke permukaan air secara alami untuk hindari nyeri punggung
  • Tarik napas berasal dari hidung dan mengikis berasal dari mulut saat wajah masuk ke dalam air


5. Berputar

  • Tangan Anda perlu menyentuh dinding secara bersamaan di bawah atau di atas permukaan air.
  • Putar tubuh Anda ke samping saat pinggul menekuk, selipkan lutut, dan telapak kaki melekat di dinding.
  • Gerakkan tangan Anda yang lebih tinggi ke atas kepala untuk menombak dan mendorong melalui air saat tendangan Anda terlepas berasal dari dinding,
  • Jaga supaya tangan Anda tetap dekat di bawah tubuh Anda, bawa lengan Anda kembali ke depan kepala Anda dan tendang bersama dengan kuat untuk melanjutkan momentum.
  • Saat Anda mengangkat kepala, mulailah gerakan lengan layaknya biasa bersama dengan kepala menyentuh permukaan air sebelum dapat tangan menyapu kembali ke tubuh.