F1 Kehilangan Banyak Penontonnya



Jumlah penonton global tayangan balapan mobil Formula One atau F1 sudah menurun jumlahnya 50 juta jadi 450 juta orang sepanjang 2013 dulu. Kondisi ini disebabkan oleh turnamen jet darat bergengsi itu sejak mulai abnormal kompetitif di akhir periode dulu & peralihan stasiun TV yg menayangkan F1 di sekian banyak negara.



Jerman yg jadi tanah kelahiran pembalap Sebastian Vettel, sudah kehilangan penonton F1 banyaknya 8,7 % jadi 31,3 juta orang. Sedikitnya, masyarakat Jerman yg menyaksikan F1 cuma bersi kukuh tatkala 15 menit di tiap program. Padahal, Vettel yg adalah pembalap andalan tim Red Bull tersebut sudah memenangi gelar F1 terhadap th 2013 utk keempat kalinya berturut-turut. Demikian laporan sarana global th dari pihak F1, seperti dilansir Wall Street Journal.

Sementara itu, Brasil yg jadi pemirsa F1 paling besar di dunia serta mengalami begitu. Penontonnya sudah menyusut dari 85,6 juta orang jadi 77,2 juta orang. Yang paling parah justru berjalan di Cina. F1 sudah kehilangan penonton di Negeri Tirai Bambu tersebut banyaknya 29,8 juta orang. Ini akibat stasiun televisi Cina CCTV sbg pemegang hak siar F1 di Cina sudah mengalihkan tayangannya ke 13 relasi di beraneka daerah. maka, tayangan F1 tak lagi terpusat di CCTV yg diawal mulanya menayangkan balapan tersebut nyaris ke seluruhnya daratan Cina.

Peralihan tayangan F1 serta pula berjalan di Perancis yg jadi jantung arena balapan mobil di Benua Biru. Pada 2013 dulu, tayangan F1 telah dialihkan dari stasiun TV nasional TF1 ke pelayanan berbayar Canal+. Akibatnya, jumlah pemirsa F1 sudah merosot sejumlah 16 juta jadi 10,2 juta orang saja.

Dalam laporannya tersebut, peralihan siaran serta ialah salah satu taktik guna menjauhkan F1 dari jaringan televisi tidak berlangganan. rata rata, stasiun TV berlangganan siap membayar harga hak siar lebih mahal ketimbang yg tak. Seperti di Inggris, cakupan tayangan F1 mulai sejak dibagi jadi dua stasiun Televisi, Sky Sports yg harus berlangganan & BBC yg menawari tayangan free mulai sejak 2012 silam.

Hal sebaliknya, justru berjalan di Amerika Serikat yg justru mengalami peningkatan jumlah penonton F1. Ini imbas dari kembalinya balapan F1 ke Amerika Serikat terhadap 2012 dulu sesudah lima thn bolos. Pada 2013 dulu, penonton di Negeri Paman sam itu sudah meningkat segede 1,7 juta jadi 11,4 juta orang.