Modifikasi Yamaha Scorpio Japstyle, Tampil Klasik!


Otomotif Modifikasi Yamaha Scorpio Modif Japstyle, Yamaha Scorpio keluaran tahun 2012 bisa berubah menjadi lebih klasik dari tampilan standarnya. Hal ini coba diwujudkan oleh Hantu Laut yang memodifikasi engine don berlambang tiga garputala itu dengan konsep Classic Jap Style. Walaupun tampilannya terlihat sederhana, engine ini banyak mendapat sentuhan modifikasi. 

Hampir seluruh bagian berubah, tidak lagi memakai komponen bawaan pabrik. Hanya sektor dapur pacu saja yang dibiarkan standar. Semua bagian diganti dengan beragam part kustom dan aksesori sehingga membuat kesan retro Jepang menjadi terlihat jelas.


Pengerjaan utama fokus pada ubahan bagian rangka engine. Supaya dimensi lebih presisi saat menggunakan jok display single seat, maka sang modifikator memangkas sebagian buntut belakang. Setelah itu dirapikan kembali agar sasis tetap kuat. 

Berikutnya adalah pengerjaan sektor kaki-kaki. Agar roda tampil lebih kokoh, pelek dan boycott diganti dengan part yang berukuran lebih besar, yakni 135-400 ring 17 pada bagian depan dan 135/450 ring 17 untuk bagian belakang. 

Dengan pemasangan roda yang lebih besar ini, sok depan dan belakang juga harus diganti. Demonstrate post-retail dengan ruas yang lebih lebar dan tabung lebih kekar dipilih untuk menggantikan show standar. Di samping itu sok tunggal juga sudah tidak dipakai lagi. 

Setelah selesai memodifikasi sektor kaki-kaki, ubahan berikutnya adalah dengan menyesuaikan tangki bahan bakar. Modifikasi engine ini menggunakan tangki kustom yang diuat secara high quality. "Supaya lebih berkarakter, dibikin lekukan ke dalam tepat pada bagian tengah tangki. Ini juga bikin engine terlihat lebih klasik," kata Donny, dikutip dari Otomania. 

Tidak sampai di situ, Donny juga membuat cover untuk bagian samping penutup aki dan spakbor depan-belakang. Cover tersebut dibuat dari plat galvanis. Pengerjaan akhir adalah dengan menyematkan aksesori penunjang, seperti headlamp bulat, knalpot kustom, sein hingga kaca spion untuk mendukung kesan klasik pada modifikasi Yamaha Scorpio ini.