Inilah Cara Investasi Reksadana Termudah


Cara Investasi Reksadana

Untuk Anda yang sering mendengar kata investasi reksadana apakah Anda mengetahui apa itu arti dari kata investasi reksadana. Investasi reksadana merupakan sebuah investasi atau kumpulan dana yang dikelola untuk membeli obligasi, saham, maupun jenis instrumen keuangan lainnya.

Namun saat ini permintaan akan produk investasi reksadana semakin meningkat karena semakin banyak meningkat juga kesadaran masyarakat dalam berinvestasi untuk masa depan. Maka dari itu jika Anda merupakan salah seorang yang tertarik dengan investasi reksadana tentunya Anda perlu mempelajari cara investasi reksadana lebih dahulu. Anda tidak akan sendirian dalam mempelajari mengenai reksadana karena memang saat ini instrumen investasi memang sedang naik daun.

Beberapa hal investasi reksadana banyak diminati saat ini karena sedang gencarnya pemerintah melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Produk reksana ini senediri menjadi salah satu produk investasi pasar modal yang cukup mudah untuk dilakukan serta berpotensi memberikan keuntungan yang menggiurkan dalam jangka waktu panjang. Instrumen tersebut cocok untuk Anda yang ingin bermain saham dengan tanpa harus belajar ini itu lebih dahulu.

Tujuan Dari Investasi Reksadana

Saat ini di Indonesia tersedia lebih dari 800 produk reksadana yang dijual di pasar modal. Untuk cara investasi reksadana Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari investasi. Anda juga perlu menentukan jangka waktu investasi yakni jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek adalah sekitar 1 atau 2 tahun, kemudian untuk jangka menengah adalah sampai dengan 5 tahun, terakhir adalah jangka panjang yaitu selama 5 tahun lebih. 

Dalam melakuakn investasi terdapat sebuah rumus high risk high return atau dapat diterjemahkan bahwa dalam berinvestasi dengan risiko tinggi maka terdapat peluang atau potensi keuntungan yang tinggi pula. Namun sebaliknya, dalam investasi dengan risiko kecil atau rendah maka umumnya tidak akan memberikan hasil yang memadai. Berikut ini merupakan penggolongan dari potensi resiko-return dari reksadana:
  • Reksadana dengan risiko tinggi, potensi return rendah: Reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang.
  • Reksadana dengan risiko sedang, potensi return sedang: Reksadana campuran.
  • Reksadana dengan risiko tinggi, potensi return tinggi: Reksadana saham.

Penggolongan tersebut memudahlan Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa cara investasi reksadana salah satunya yakni secara online.

Investasi Reksadana Online

Cara Investasi Reksadana

Untuk cara investasi reksadana online yang pertama yakni Anda perlu melakukan riset mendalam mengenai reksadana serta profil investor seperti Anda. Fungsi dari riset ini adalah membantu Anda dalam menentukan jenis reksadana yang Anda pilihs selanjutnya baik itu jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Sebagai informasi bahwa reksadana pasar uang semuanya ditempatkan pada deposito bank. Reksadana pasar uang tersebut juga tidak terlalu berfluktuasi, fleksibel, dan aman tetapi dapat memberikan imbal hasil lebih tinggi dari tabungan maupun deposito.

Produk reksadana pasar uang juga cocok untuk investor yang lebih mementingkan likuiditas. Reksadana pasar uang tersebut dapat ditarik kapan saja sesuai dengan kebutuhan, dan tidak ada penalti seperti ketika menarik deposito sebelum jatuh tempo. Demikian juga dengan reksadana obligasi yang tidak terlalu berfluktuasi dan memberikan imbal hasil yang lebih besar jika dibandingkan dengan produk perbankan.

Pada langkah berikutnya yakni memilih marketplace yang memudahkan Anda dalam berinvestasi reksadana secara online. Ya banyak sekali reksadana marketplace reksadana yang tersedia dipasaran sepeti misalnya bareksa. Di dalam marketplace reksadana tersebut terdapat berbagai jenis perusahaan penyedia reksadana yang dapat menjadi bahan pertimbangan mana yang menurut Anda terbaik.

Untuk Anda yang ingin mengetahui cara investasi reksadana online yang benar, mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda.