Cara Mengecat Motor Dengan Mudah


Cara Mengecat Motor sebenarnya mudah, namun anda harus mempunyai kesabaran dan keuletan tinggi, karena ada  teknik-teknik yang perlu dikuasai dan dimengerti agar hasilnya maksimal dan memuaskan.
 

Cara Mengecat Motor yang Baik dan Benar

Karena itukah kami akan menjelaskan tentang Cara Mengecat Motor menggunakan teknik yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Berikut adalah uraian tentang pengecat motor yang perlu diketahui :

Bahan dan Alat Cat

Bahan: 

  • Kompon  / Kit
  • Clear Coat
  • Amplas
  • Epoxy
  • Cat
  • Tinner
  • Dempul

Alat :

  • Selang Angin
  • Kompressor Angin
  • Sped Cat
Setelah menyiapkan alat dan bahan, kita akan masuk ke langkah-langkah pengecatan motor, lakukan secara berurutan sesuai dengan arahan berikut.

Cara Mengecat Motor yang Baik dan Benar dengan Mudah

·         Pengamplasan Body Motor

Mulailah dengan mengamplas permukaan yang akan dicat. Sebaiknya menggunakan amplas yang  sesuai agar permukaan yang akan dicat menjadi halus, biasanya untuk body yang terbuat dari bahan plastik cukup menggunakan amplas ukuran 400 saja, jika berbahan besi gunakan amplas ukuran 200.

·         Penyemprotan Epoxy

Setelah pengamplasan selesai, kita lanjut ke tahap penyemprotan  Epoxy. Untuk menggunakan Epoxy, harus dicampur dengan Tinner. Pencampuran harus sesuai, jangan terlalu encer atau kental. Epoxy berfungsi untuk  menutup pori-pori agar permukaan yang akan dicat halus dan merata.
Karena biasanya setelah penyemprotan kering, masih ada saja pori-pori yang tidak tertutup karena permukaan kurang rata akibat lecet atau goresan yang terlalu dalam pada permukaan body, kita dapat menutup pori-pori  tersebut dengan dempul.
Setelah body didempul dan kering,  lakukan pengamplasan kembali sampai halus dan merata, setelah itu semprotkan lagi Epoxy untuk menutupi dempul.
Setelah mendapat hasil yang diinginkan, panaskan hasil  semprotan sampai kering. Usahakan permukaan  benar-benar kering, tunggu hingga 1 hari baru kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

·         Penyemprotan Dasar Cat

Selanjutanya adalah penyemprotan dasar cat. Sebelum disemprot, cat juga harus dicampur dengan tinner, sama seperti sebelumnya, jangan terlalu encer atau kental.

·         Penyemprotan  Clear

Setelah cat dasar mengering, kita masuk ke tahap penyemprotan clear. Obat Clear  juga juga harus dicampur dengan tinner, sama seperti sebelumnya, jangan terlalu encer atau kental.
Setelah Clear disemprotkan ke body, keringkan semaksimal mungkin, agar hasilnya maksimal dan memuaskan.

·         Mengompon / Memoles

Langkah terkahir  yaitu mengompon  atau memoles. Sebenarnya proses ini adalah opsional jika hasil pengecatan bersih dan terhindar dari debu, karena mengompon hanya  untuk menghilangkan debu yang menmpel, jika sudah bersih maka tahap ini tidak perlu dilakukan
Demikian uraian tentang Cara  Mengecat Motor, semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel ini ^_^