Cara Pasang Relay Klakson Motor/Mobil


Cara Pasang Relay Klakson sangat simple, menggunakan 1 relay, dapat menggunakan  merk hella atau bosch dengan kuat arus relay 30 Amper. Berikut adalah skema pemasangan relay klakson motor atau motor :

Cara Pasang Relay Klakson Motor/Mobil  Dengan Mudah dan Simple

Cara Pasang Relay Klakson dapat anda lihat pada gambar di atas. Untuk kaki 85 dan 86 biasa anda bolak balik. Atau jika tidak menemukan kabel bawaan klakson, sambungkan dengan keluaran saklar klakson atau pada tombol klakson di holder. Jika keluaran tegangan (+) hubungkan pada kaki 85, untuk 86 langusng ke body.
Jika keluaran tegangan (-) hubungkan pada kaki 85, dan 86 dengan tegangan kontak (+). Tegangan yang masuk berfungsi mengaktifkan relay.
Untuk kaki 30 sambungkan langsung ke tegangan (+) aki dan beri  sekering sebelumnya untuk penganaman ketika terjadi konsleting. Kaki relay 87 hubungkan dengan terminal (+) klakson kemudian pararel dengan klakson lain, 1 relay bisa dipasang untuk 2 klakson. Hubingkan terminal (-) klakson dengan masa bodi /  tegangan (-) aki.

Cara Pasang Relay Klakson Motor dan Mobil Dengan Mudah dan Cepat

Apabila klakson tidak berbunyi setelah dirangkai seperti gambar di atas maka cek relay terlebih dahulu. Jika tidak berbunyi cetik cetik saat saklar klakson ditekan makan kemungkinan relay rusak atau tidak ada tegangan yang masuk, cek jalur ke relay. Apabila berbunyi tapi tegangan pada 87 tidak ada, anda bisa  mereparasi relay. Sebelumnya cek juga tegangan masuk pada kaki 30, apakah ada tegangan (+) atau tidak. Jika  tidak, cek sekering 10A.
Sekian tentang Cara Pasang Relay Klakson. Selamat mencoba, kami ingatkan untuk berhati-hati saat memasang rangkaian