Harga Dump Truck Baru Berbekal Mesin Tangguh


Harga Dump Truck Baru - Tata Motors mengenalkan dump truck Tata Prima LX 2528.K di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City, Tangerang, 10 Agustus lalu. Truk itu didatangkan langsung dari India untuk memenuhi segmen truk tambang.

Harga Dump Truck Baru Bertenaga Besar

Truk ini dibekali mesin berkapasitas 6.700 cc yang dapat menghasilkan tenaga sampai 280 HP pada 2.500 rpm dan torsi puncak 975 Nm pada 1.500 rpm.

Tenaga dan torsi membludak ini disalurkan ke roda penggerak melewati transmisi sembilan speed dan dapat menjangkau kecepatan maksimum sampai 87 kilometer per jam.

Tempo berpeluang menjajal kedahsyatan truk Tata Prima LX 2585.K di Offroad Land, Desa Pelangi, Sentul, Jawa Barat. Medan yang dilewati memang bukan lokasi tambang, namun didesain serupa area tambang. Lengkap dengan turunan curam serta belokan tajam, hampir patah. Di sejumlah ruas jalan, diciptakan sedikit berlumpur guna menguji penggerak 6x4.

Penggerak roda 6x4 juga bermanfaat untuk menaklukkan medan bergelombang dengan elevasi ekstrem. Menariknya, untuk menggiatkan fitur ini lumayan mudah. Hanya dengan mengurangi tombol pengatur penggerak roda di sisi kiri kemudi di dashboard. Hingga indikator roda penggerak 6x4 menyala di meter cluster. Ketika fitur ini diaktifkan, enam roda di unsur belakang yang terdiri dari 2 axle bakal bekerja bersamaan. 

Harga Dump Truck Baru Untuk Medan Pertambangan

Meski berbodi besar, mengendarai truk ini terbilang mudah. Hal ini diakibatkan radius putar Tata Prima LX 2585.K lumayan pendek, menciptakan truk bongsor ini gampang menaklukkan tikungan tajam.

Customer Care Head Tata Motors Distribution Indonesia (TDMI) Varun Satija menuliskan bahwa truk Tata Prima LX 2528.K didesain guna sektor pertambangan maupun proyek-proyek infrastruktur. "Memiliki daya angkut yang tidak sedikit dan pastinya bertenaga besar," kata Satija di sela-sela sesi test drive.

Satija menjelaskan, Tata Prima LX 2528.K mempunyai gross vehicle weight sampai 25 ton dan memakai mesin diesel Cummins berstandar emisi Euro III. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sampai 280 HP pada 2.500 rpm dan torsi puncak 975 Nm pada 1.500 rpm.

Truk ini memakai Bogie Suspension 12 eksemplar (belakang) dan parabolic di suspensi depan. Posisi U-Bolt pada suspensi belakang ini juga dianggap memudahkan teknisi untuk mengerjakan perbaikan saat truk merasakan masalah pada roda belakang. "Umumnya u-bolt pada truk sekelas Tata Prima LX 2528.K terletak di unsur bawah dan agak tidak banyak menyulitkan saat melakukan perbaikan pada roda belakang," ujatnya.

Satija mengklaim, Tata Prima LX 2528.K dapat membawa batu bara seberat 37 ton sekali jalan.

Harga Dump Truck Baru Tata Prima LX 2528.K cabin chassis dihargai Rp 802,39 juta off the road. Sedangkan Tata Prima LX 2528.K dump truck full karoseri dibanderol dengan harga Rp 992,5 juta on the road. Di pertambangan, truk ini berlomba dengan sebanyak pemain lama laksana Hino, Volvo Trucks, Mercedes-Benz, MAN, dan lainnya.