Home » » Budidaya Anggrek

Budidaya Anggrek


 

Sumber : https://pixabay.com/


Cara budidaya anggrek yang benar sesungguhnya tidaklah terlampau susah dilaksanakan dikarenakan langkah penanamannya terhitung tidak serumit yang dibayangkan meskipun tanaman ini terhitung tanaman yang langka.

Cara perawatannya tanaman anggrek ini terhitung tergolong murah loh, tapi dengan budidaya anggrek yang pas dan benar sekaligus melaksanakan perawatan yang rutin dilaksanakan maka anggrek bisa tumbuh dengan baik.

Ada sebagian langkah pelihara tanaman cantik ini secara alami atau memanfaatkan tehnik spesifik sekalipun. Bagi kamu yang penasaran kemungkinan bisa membaca artikel ini sampai selesai ya.

Anggrek merupakan tidak benar satu tanaman bunga yang tumbuh dan keluar dengan warna yang indah, menawan, dan menarik untuk dilihat.

Bunga yang cantik dengan warna yang bermacam ragam sesuai jenisnya terlampau digemari oleh para pengagum bunga sampai orang awam sekalipun.

Buat kamu yang bahagia sekali menanam bunga maka budidaya anggrek ini terhitung bisa menjadi tidak benar satu hobi baru kamu loh.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali orang yang membudidaya bunga ini yang mana spesiesnya bisa raih 3.500 spesies baik itu yang dihasilkan secara alami maupun dengan langkah persilangan.

Budidaya Anggrek Bulan

Untuk para pengagum bunga anggrek tentu telah familiar sekali dengan yang namanya anggrek bulan ini. Ya tanaman yang hidup dengan langkah melekat ke tanaman lain ini bisa mengeluarkan bunga yang cantik kala mekar.

Bunga anggrek bulan mempunyai warna dominan putih dan warna lain yang terlampau menarik. Untuk budidaya anggrek bulan sehingga bunganya bermekaran berasal dari tangkai-tangkai bunganya maka anggrek ini mesti diperlakukan dengan baik dan benar. Selain itu saking cantiknya bunga ini menjadi lambang bunga nasional Indonesia.

Budidaya Anggrek Dendrobium

Salah satu bunga anggrek yang sering di budidaya adalah bunga anggrek Dendrobium. Hal ini kemungkinan dikarenakan bunga ini ringan dalam perawatannya.

Umumnya bunga cantik ini dibagi menjadi 2 type yakni Epiphyt dan bunga anggrek type Terrestris atau yang terhitung disebut dengan anggrek tanah.

Pada type anggrek Epiphyt ini tumbuh dengan langkah melekat sebagai parasit terhadap tanaman-tanaman lain, tapi bunga ini adalah parasit yang baik yakni hanya menumpang saja dan tidak mengganggu tumbuh kembang tanaman lainnya.

Syarat Lokasi Pertumbuhan Anggrek

Sebelum melaksanakan proses penanaman dalam budidaya anggrek kamu mesti mesti sadar wilayah mana yang pas untuk pelihara anggrek ini sehingga bisa tumbuh dengan cepat dan alami, sehingga tidak asal-asalan kamu meletakan anggrek ini yang tambah membuatnya susah untuk berkembang.

Dalam pemilihan wilayah untuk menanam anggrek sebaiknya mempunyai intensitas cahaya matahari yang lumayan dikarenakan terlampau berpengaruh sekali dengan proses pertumbuhan anggrek itu sendiri. Kamu terhitung mesti sesuaikan type anggrek spesifik dengan pencahayaan cahaya mataharinya dikarenakan tiap tiap varian anggrek membutuhkan tingkat intensitas cahaya yang berbeda-beda.

Yang pertama tanaman anggrek yang membutuhkan intensitas cahaya segera seperti anggrek arachnis, anggrek vanda, dan anggrek renanthera.

Kedua type anggrek yang tidak terkena cahaya matahari segera seperti anggrek dendronium atau yang disebut dengan anggrek cattleya dan anggrek ancedium.

Dan yang ketiga tanaman anggrek yang tidak terlampau bahagia dengan cahaya matahari yakni type anggrek phalaenopsis dan anggrek paphiopedilum.

Memperhatikan Ketinggian Lokasi

Dalam budidaya anggrek ternyata ketinggian wilayah terhitung pengaruhi tumbuh kembang tanaman anggrek ini loh. Yang mana anggrek dapat lebih prima tumbuh yakni dengan menanamnya di wilayah ketinggian spesifik sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Ada 3 type tanaman anggrek yang bisa dijadikan referensi dalam pemilihan ketinggian lokasi.

Yang pertama kurang lebih 1001 m dpl, sesuai untuk jenig anggrek miltonia dan anggrek cymbidium.

Kemudian yang ke dua yakni wilayah dengan ketinggian 500 – 1000 m dpl maka dapat lebih sesuai kecuali Anda menanam type anggrek oncidium atau anggrek cattleya dan anggrek dendrobium.

Ketiga wilayah dengan ketinggian 500 m dpl, sesuai untuk type anggrek arachnis dan anggrek vanda.

Selain menyimak ketinggian wilayah tanam, kamu terhitung mesti mempertimbangkan sirkulasi udara untuk tanaman anggrek tersebut. Yang mana bisa Anda menentukan wilayah dengan sirkulasi udara yang lancar atau sepoi-sepoi.

Selanjutnya yang mesti diperhatikan adalah kelembaban udaranya, yang mana terlampau berpengaruh sekali dengan pertumbuhan anggreknya. Setelah semua beberapa syarat telah terpenuhi maka proses setelah itu yakni pemilihan bibit anggrek yang baik dan benar.

Proses Pembibitan Anggrek

Dalam budidaya anggrek proses setelah itu adalah pemilihan bibit bunga yang berkualitas terbaik. Dalam pemilihan bibit sebaiknya pilihlah type bibit yang berusia telah lebih berasal dari 1 th. yang mana mempunyai banyak akar.

Pertama kamu bisa menanam bibit di dalam plastik sepanjang 3 bulan. Setalah 3 bulan maka kamu bisa memindahkannya ke dalam pot kecil berukuran diameter 6 – 12 cm. lantas berilah pupuk organik kala proses pembibitan dalam proses pembibitan sehingga tumbuh kembangnya lebih maksimal.

Jika telah raih 3 bulan maka kamu bisa memindahkan bibit anggrek terhadap wadah pot yang lebih besar. Jika anggrek yang tumbuh prima dapat mempunyai warna bunga yang lebih cerah dan indah.

Tips Agar Anggrek Tumbuh Dengan Sempurna

Memperhatikan Akar Pada Bunga Anggrek

Jika tanaman anggrek telah berumur kurang lebih 3 bulan maka anggota akarnya dapat mulai tumbuh sampai kadang kala akar bunga anggrek ini bisa keluar berasal dari media tanah tersebut.

Apabila akar keluar berasal dari tanah maka kamu tentu segera memasukan akarnya ulang ketanah, padahal hal ini adalah SALAH dikarenakan bisa membuat pertumbuhan anggrek dapat terganggu.

Hal yang BENAR dilaksanakan adalah dengan langkah memindahkannya ke tempat atau pot yang lebih besar.

Memperhatikan Batang Bunga Anggrek

Ada sebagian berasal dari bunga anggrek yang mempunyai batang yang tinggi sehingga ringan roboh. Hal ini bisa kamu cegah dengan langkah mengimbuhkan tiang penyangga terhadap batangnya memanfaatkan kayu, bambu, dan lain sebagainya sehingga bunga senantiasa tegak dan tumbuh dengan baik.

Memperhatikan Suhu

Tanaman bunga anggrek ini dapat tumbuh dengan baik dan prima kalau kamu letakan di wilayah dengan suhu antara 14 derajat celcius – 36 derajat celcius.

Kamu mesti jaga tingkat suhu derajat ini sehingga anggrek bisa mempunyai bunga yang indah dan lebih berasal dari anggrek yang normalnya tumbuh. Seperti halnya untung-untungan kalau tanaman anggrek kamu bisa lebih indah daripada bibit awalnya.

Cara Pemindahan Anggrek Yang Tepat

Ya dalam budidaya anggrek ini terhitung mesti di lakukannya pindahan sehingga tanaman anggrek bisa tumbuh dengan maksimal.

Disarankan kamu tidak memindahkannya sembarangan, sebelum kamu mencabut bibit anggrek maka persiapkan pot yang baru lebih-lebih dahulu.

Perhatikan posisi tanaman anggrek di dalam pot yang baru usahakan letakan dengan prima tidak miring. Setelah itu memberikan tambahan media tanam terhadap pot yang baru terhitung bercampur dengan media tanam yang lama. Salah satu media tanam yang bisa kamu tambahkan aalah pakis cincang.

Setelah penjelasan diatas maka sadar bikin kamu yakni menentukan wilayah tanam, menyediakan media tanam, sampai menyimak tumbuh kembang anggrek sehingga tumbuh dengan sempurna.

Selanjutnya adalah proses penanaman anggrek di dalam botol, proses ini dilaksanakan sehabis dilakukannya pembibitan.

Proses Menanam Anggrek Dengan Botol

Dalam proses budidaya anggrek memanfaatkan media botol, kalau kamu melaksanakan pembibitan dengan baik dan benar seperti diawal tadi maka kamu bisa meraih bibit yang sehat dan baik. Selanjutnya kamu bisa melaksanakan pensterilan bibit sebelum di sebar.

Caranya yakni buatlah larutan dengan komposisi air sebanyak 100 cc dan kaporit sebanyak 10 gram. Setelah itu kamu bisa saring lauran tersebut dengan kertas filter.

Kemudian kamu letakan biji bunga anggrek tersebut kedalam larutan dan botol bisa dikocok sampai warna biji anggrek berubah berasal dari kuning menjadi hijau.

Waktu yang digunakan adalah 10 menit dan kecuali telah maka kamu bisa membuat air kaporit selanjutnya menggantinya dengan memanfaatkan aquades dan melaksanakan dikocok ulang sebanyak 3 kali secara berulang.

Jika telah benar kamu melaksanakan sesuai dengan metode budidaya anggrek yang tadi maka kamu bisa mensterilkan botolnya dan terhitung bibitnya.

Cara mensterilkannya yakni dengan memanaskan anggota leher botol yang dicampur dengan spirtus sehingga kuman terhadap botol bisa segera hilang.

Setelah itu kamu bisa masukan bibit dengan memanfaatkan pipet atau capitan lainnya kedalam botol. Kemudian sterilkan ulang dan tutup rapat botolnya. Jika telah maka langkah setelah itu adalah penanaman.

Jika penyemaian bibit telah selesai maka kamu bisa mempersiapkan botol dengan ukuran lebih besar, bisa terhitung memanfaatkan botol bekas air mineral yang bening biar bisa ringan dalam mengawasinya.

Kemudian kamu tutup anggota ujungnya dengan kapas yang diikat dan digulung. Hal ini dilaksanakan sehingga botol tidak terkena bakteri dan jamur, maka setelah itu kamu siapkan lemari kaca yang telah disemprot dengan alkohol dan terhitung spirtus guna menghalau dan menghambat jamur.

Berikut ini adalah perlengkapan media tanam yang kamu butuhkan :

  • Aquades 1000 cc
  • Agar sehingga 17,5 gram
  • FeSO4 4 H2O 0,25 gram
  • Ca (NO3) 2H2O 1 gram
  • Saccharose 20 gram
  • KH2PO4 0,25 gram
  • MgSD27H2D 0,25 gram
  • (NH4) 2SO4 0,25 gram
  • MnSO4 0,0075 gram

Media tanam tersebut sebaiknya kamu cuci bersih sebelum menggunakannya ya. Apabila telah kamu pindah bibitnya kebotol tadi maka biarkan anggrek ini berkembang.

Setelah anggrek telah tumbuh dengan baik maka bisa kamu pindahkan ke tempat yang lebih besar yakni di dalam pot sehingga lebih cepat tumbuh.

Adapun tips bagi kamu yang masih pemula kecuali kamu masih sangsi untuk coba budidaya anggrek ini, sebaiknya kamu memulainya dengan type anggrek yang ringan untuk ditanam seperti kalau anggrek bulan.

Kamu bisa menanamnya di halaman atau disekitar rumah kamu dulu kalau telah sadar dan sukses tumbuh maka kamu bisa memanfaatkan type anggrek lainnya.

***

Demikianlah sebagian hal yang bisa kamu contoh perihal langkah budidaya anggrek yang baik dan benar. Bunga anggrek ini sesuai untuk menghiasi luar rumah dan terhitung dalam rumah loh maka sebaiknya kamu memnggunakan tehnik spesifik atau segera menanamnya di dalam pot sesuai dengan permohonan kamu.

Tentunya artikel ini hanya sebagai referensi saja bagi kamu yang masih pemula dan inginkan meraih saran awal kamu untuk lebih baik dalam menanam bunga yang cantik nan langka ini, semoga sukses !.