Inilah Macam - Macam Ukuran Kolam Renang


 

Inilah Macam - Macam Ukuran Kolam Renang

ukuran Standar kolam renang – Kolam renang merupakan suatu daerah yang memungkinkan untuk terjadinya interaksi bersama. Dalam makna tehnik sipil, kolam renang dapat disebut sebagai ruangan publik atau semi-publik. Karena itu ukuran kolam dirancang supaya dapat menampung aktivitas dan mobilitas para pengguna yang berkepentingan. Standar ukuran kolam renang tentu saja berbeda-beda cocok  bersama dengan peruntukannya.

Ukuran Kolam Renang Yang Memenuhi Syarat

Misalnya standar kolam renang untuk bayi, akan berbeda dengan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Begitu juga dengan kegunaan, standar yang digunakan untuk  kolam pribadi, pasti berbeda dengan yang digunakan untuk kolam renang umum yang disewakan. Nah, bagaimana menentukan standar ukuran kolam renang yang tepat?

Mari  kita mulai dari standar ukuran kolam renang yang paling kecil, yaitu untuk bayi dan anak anak. Kolam renang bagi bayi dan balita biasanya bukan secara khusus dibuat di lahan tanah, melainkan dari plastik. Oleh karena itu ukurannya biasanya sudah distandarisasi oleh pabrik. Panjang dan lebarnya bervariasi antara 1 – 1,5 meter, sedangkan tingginya antara 60 – 80 cm. Bentuk dan warnanya pun beragam, ada yang kotak.

Secara garis besar dapat di simpulkan ukuran kolam renang untuk bayi dan anak anak:

Ukuran 1 x 2 m

Ukuran 2 x 3 m

Ukuran 2 x 4 m

Dan yang terpenting adalah Kedalaman minimum kolam untuk anak anak dan bayi = 60 – 80 cm

Perusahaan pembuat perlengkapan renang plastik terkemuka INTEX, misalnya, memilliki standar kolam renang bayi dan balita yang bervariasi terhadap product yang mereka keluarkan. Ada yang persegi 100 x 100 x 80 cm. Ada juga yang bersifat persegi panjang berukuran 80 x 120 x 60 cm, maupun bersifat lingkaran berdiameter 110 dan tinggi 80 cm.

Ukuran Kolam Renang Rumah

Kolam renang privat mempunyai ukuran ideal kecuali yang di idamkan adalah kenyamanan, yakni 3 x 7 meter bersama kedalaman begitu banyak ragam dari 60 cm di anggota dangkal hingga 2,5 meter di anggota dalam. Namun, tentu saja pas ini susah untuk menyebabkan kolam renang privat bersama hanya kenyamanan sebagai ukuran tunggal.

Biasanya, ukuran standar ukuran kolam renang privat disesuaikan juga bersama ketersediaan lahan dan banyak orang yang akan berkegiatan di sana.

Ukuran kolam renang standar privat yang lain pada lain: 3 x 8 m; 3, 5 x 10 m; 4 x 10 m; dan 5 x 12 m. Itu untuk kolam renang privat yang berada di luar ruangan (outdoor swimming pool). Untuk kolam renang privat yang berada di di dalam ruangan (indoor swimming pool) sanggup lebih kecil lagi. Biasanya kolam renang seperti ini disebut juga bersama kolam renang tipe minimalis.

Bentuk dan ukuran kolam renang standar style minimalis biasanya punya variasi  yang terlampau tinggi. Karena wajib terlampau mengadopsi lahan yang terlampau terbatas. Karena itu kolam renang minimalis tersedia yang berwujud seperempat lingkaran dengan jari-jari hanya 4 m. Bahkan tersedia yang hanya berukuran panjang maksimal 3 m dengan kedalaman 1 – 2 meter.

Kebebasan untuk memilih wujud dan ukuran kolam standar teristimewa pasti saja tidak menjadi masalah. Untuk menghemat lahan, sebagian pemilik juga sering membangun kolam renang didalam berwujud huruf L. Ini juga bisa menjadi masukan bagi yang tengah melacak ukuran standar kolam teristimewa di belakang rumah.

Ukuran Kolam Renang Yang Memenuhi Syarat

Kolam renang yang diperuntukkan untuk umum tentu saja memiliki ukuran yang lebih besar daripada yang dibangun untuk  pribadi. Meskipun begitu, ukuran kolam renang standar untuk umum memiliki ukuran minimal yang kudu dipenuhi cocok  dengan perkiraan kuantitas pengguna yang akan diakomodir.

Lebar minimal ukuran kolam renang standar untuk umum adalah 5 m, dengan panjang minimal 25 m. Di luar itu sanggup ditemukan kolam renang umum dengan lebar dan panjang yang meraih belasan dan puluhan meter. Sedangkan kedalamannya kudu dibikin bervariasi, tersedia yang dangkal dan tersedia yang dalam. Biasanya di tempat kolam paling dangkal adalah 1 m dan paling di dalam meraih 4 m.

Bentuk dan ukuran kolam renang standar untuk lazim adalah persegi bersama dengan lebar x panjang = 5 x 25 m. Namun, pada sebetulnya pihak pemilik dan mengelola kerap sebabkan bentuk berbagai macam untuk menarik hati pengguna kolam renang. Ukurannya pun disesuaikan bersama dengan luasan lahan yang dimiliki oleh pemilik sarana kolam renang lazim tersebut.

Ukuran Kolam Renang Untuk Perlombaan

Berbeda bersama kolam renang untuk non-kejuaraan, kolam renang perlombaan miliki ukuran yang baku. Ukuran kolam standar untuk perlombaan ini bisa dipastikan mirip untuk seluruh tempat, di seluruh negara. Ini karena di dalam perlombaan dijunjung tinggi stimulan sportivitas, maka standarisasi kolam renang diperhatikan bersama terlampau cermat.

Standar ukuran kolam renang untuk perlombaan pasti saja mengatur bersama model perlombaannya. Cabang renang yang biasa diperlombakan pada lain yang bernomor 50 m dan 100 m. Ukuran nomer merupakan ukuran panjang dari lintasan renang yang perlu  dipenuhi di dalam lomba tersebut. Sub cabang perlombaannya bisa saja banyak variasi bergantung style renang yang diperlombakan.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Secara lengkap, ukuran kolam renang standar nasional (untuk perlombaan PON dan semacamnya) adalah:

Panjang kolam = 50 m

Lebar kolam = 25 m

Kedalaman minimum kolam = 2 m

Lebar lintasan kolam = 2,5 m

Jumlah lintasan dalam kolam kolam renang nasional = 8 lintasan

Temperatur/suhu air dalam kolam = 250 – 280 C

Sedangkan ukuran kolam renang standar internasional (untuk olimpiade dan semacamnya) sesungguhnya tidak jauh berbeda. Karena seperti  yang tadi dijelaskan bahwa perlombaan menjunjung tinggi  sportivitas. Karena itu ukuran standar kolam renangnya tidak jauh berbeda. Hanya di lebih dari satu daerah miliki standar kedalaman minimal 1,35 meter. Kedalaman ini diukur 1 hingga 6 mtr. dari sisi kolam renang yang ada  balok loncatnya.

Ukuran Kolam Renang Olimpiade

Namun, ada juga ukuran kolam renang standar olimpiade yang menggunakan kolam dengan panjang 25 m. Walaupun panjangnya hanya 25 m, tapi yang diperlombakan tetap 50 atau 100 m. Caranya adalah dengan berenang bolak-balik sepanjang kolam sesuai dengan nomor yang diperlombakan. Misalnya jika yang sedang diperlombakan adalah no 50 m, maka perenang harus berenang sekali balik ke tempat start.

Panjang kolam = 50 m

Lebar kolam = 25 m

Kedalaman minimum kolam = 2 m

Temperatur/suhu air dalam kolam = 250 – 280 C

Lebar lintasan kolam = 2,5 m

Jumlah lintasan dalam kolam renang internasional = 8 lintasan

Demikian lah ulasan ukuran kolam renang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.