Data dan Fakta MotoGP Valencia Selama Gelaran Motogp


Data-dan-Fakta-MotoGP-Valencia-Selama-Gelaran-Motogp
Kompetisi MotoGP musim ini akan mencapai ujungnya pada akhir pekan ini. Seri ke-18, MotoGP Valencia, akan menjadi penutup dari pertarungan panjang selama semusim. 

MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (13/11/2016) mendatang, sudah tak berpengaruh dalam perburuan gelar juara dunia pebalap. Marc Marquez dipastikan menjadi juara dunia di Jepang, 16 Oktober silam, sementara posisi kedua telah diamankan oleh Valentino Rossi. 

Pertama kali digelar pada 1999, MotoGP Valencia akan memasuki edisi ke-18 pada tahun ini. Berikut information dan fakta terkait balapan di Valencia, seperti dikutip dari situs resmi MotoGP: 

- Ini akan menjadi tahun ke-15 secara berturut-turut Valencia menggelar balapan terakhir dalam semusim. Hal ini menjadikan Valencia sebagai sirkuit yang withering sering menjadi tuan rumah balapan terakhir. 

- Sirkuit Valencia dinamai Ricardo Tormo, pebalap Spanyol yang memenangi gelar juara dunia 50cc bersama tim Bultaco pada tahun 1978 dan 1981. Dalam kariernya, Tormo memenangi 15 balapan di kelas 50cc dan empat balapan di kelas 125cc. Kariernya berakhir pada 1984 setelah dia mengalami cedera kaki akibat kecelakaan dalam tes. Tormo meninggal pada 1998 akibat leukemia. 

- Dani Pedrosa (Repsol Honda) adalah pebalap tersukses di Valencia. Dia sudah enam kali menang di sirkuit tersebut; tiga kali di kelas MotoGP, dua kali di kelas 250cc, dan sekali di kelas 125cc. Dia mengungguli Casey Stoner dan Jorge Lorenzo yang masing-masing tiga kali menang di Valencia. 

- Pebalap-pebalap Spanyol delapan kali memenangi balapan kelas preliminary di Valencia. Sete Gibernau memenangi balapan 500cc bersama Suzuki pada 2001, Pedrosa memenangi balapan MotoGP pada 2007, 2009, dan 2012, Jorge Lorenzo menang bersama Yamaha pada 2010, 2013, dan 2015, dan Marc Marquez menang pada 2014. 

- Sejak engine empat tak dipakai dalam balapan pada 2002, Honda menjadi pabrikan tersukses di Valencia dengan delapan kemenangan. Yamaha empat kali menang, sementara Ducati dua kali. 

- Dalam lima tahun terakhir, Andrea Dovizioso adalah pebalap Ducati tersukses di Valencia. Dovizioso finis keempat pada tahun 2014. 

- Suzuki cuma sekali menempatkan pebalapnya di platform Valencia dalam time MotoGP, yaitu saat John Hopkins finis ketiga pada tahun 2007. 

- Cuma sekali balapan MotoGP di Valencia dimenangi oleh pebalap yang tidak begin di barisan terdepan, yaitu saat Marquez menjadi pemenang pada 2014 dari posisi begin kelima. 

- Valentino Rossi adalah satu-satunya pebalap yang turun di 17 balapan sebelumnya di Sirkuit Ricardo Tormo. 

- Pebalap non-Spanyol terakhir yang memenangi balapan MotoGP Valencia adalah Casey Stoner pada tahun 2011. 

- Dalam tujuh tahun terakhir, pebalap-pebalap Spanyol withering tidak memenangi satu dari perlombaan di tiga kelas di Valencia.