Pulau Komodo Di Indonesia



Taman Nasional Pulau Komodo terletak di propinsi Nusa Tenggara Timur. Taman yang serunya tidak kalah dari tempat wisata Candi Borobudur di Yogyakarta ini didirikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1980. Wilayah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo adalah Pulau Komodo sebagai pulau utama dan pulau lainnya seperti, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Infer luas wilayah yang masuk dalam Taman Nasional ini adalah 603 kilometer persegi untuk wilayah daratnya dan 1817 kilometer persegi luas keleseluruhan areanya. Taman Nasional ini masuk dalam salah satu situs wartawan dunia versi UNESCO pada tahun 1991. Pulau Komodo sebenarnya adalah pulau vulkanis dengan populasi penduduk hanya sekitar 4000 jiwa saja. 

Kompleks Taman Nasional Komodo adalah rumah bagi sekitar 2600 ekor Komodo dan 276 species binatang yang lain. Komodo atau yang dikenal dengan nama latin Varanus komodoensis ini, adalah salah satu binatang purba dan juga merupakan binatang asli Indonesia. Komodo tidak dapat ditemukan ditempat lain diseluruh dunia. Hanya di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, anda dapat menjumpai hewan langka ini berkeliaran di habitatnya dengan bebas. Hal ini adalah bukti kesusksesan pemerintah Indonesia dalam upaya pelestarian general surroundings sekaligus binatang reptil ini. Setelah pada tahun 2009 Taman Nasional Komodo masuk sebagai slah satu nominasi dari 7 keajaiban alam dunia, pada tahun 2011 Taman Nasional Komodo diumumkan sebagai pemenang sementara untuk nominasi ini bersama dengan Teluk Halong, Hutan Amazon, table mountain, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Pulau Jeju, dan Air Terjun Iguazu. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak dalam voting yang dilakukan. 

Taman Nasional Komodo dapat menjadi salah satu alternatif tempat liburan yang menarik bagi anda dan keluarga karena tempat ini sudah menjadi salah satu dari tempat wisata yang seru untuk dikunjungi di Indonesia. Turis yang datang ke pulau ini joke sudah tak terhitung jumlahnya. Jika anda berminat untuk mengunjungi pulau ini, sebaiknya anda memperhatikan beberapa peraturan. Pastikan bahwa anda berkeliling pulau didampingi dengan petugas taman. Anda juga dilarang mengganggu atau memberi makan Komodo. Anda juga harus menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki karena pulau ini memiliki standard surroundings yang dijaga keasliannya. Apabila ada anggota keluarga anda yang sedang mengalami menstruasi, sebaiknya anda melapor ke petugas taman terlebih dahulu. Hal ini sangat membahayakan, karena Komodo memiliki indera penciuman yang tajam, dan dapat mencium bau darah dari jarak yang jauh sekalipun. 

Nah, bagaimana para pembaca? Tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini? Silahkan anda ajak keluarga anda untuk mengunjungi tempat wisata Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur pada akhir pekan atau joke saat liburan panjang. Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup jika anda datang dari jauh seperti misalnya dari Jakarta. Semoga artikel dan Informasi Wisata Indonesia ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.