Pelumas Enduro Matic-G Baru, Lebih Kental Bisa untuk Skutik Lama atau Baru


Pelumas Enduro-Matic-G-Baru-Lebih-Kental-Bisa-untuk-Skutik-Lama-atau-Baru
Pertamina Lubricants memperkenalkan pelumas skuter matik (skutik) baru, Enduro Matic-G yang lebih kental dibanding pelumas pertamina untuk skutik sebelumnya. Enduro Matic-G ini bisa digunakan untuk skutik lama maupun baru. 

"Kekentalannya lebih tinggi dari sebelumnya. Kalau yang encer untuk baru-baru itu cocok. Kalau ini 20W-40 untuk engine di atas 5 tahun juga cocok," kata Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa di field Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di Jakarta Convention Center. 

Sebab, kata Andria Nusa, skutik yang berumur 5 tahun ke atas itu jika digunakan terus menerus maka tingkat presisi mesin akan lebih renggang. Sehingga, dibutuhkan pelumas yang lebih kental. 

"Ini juga cocok untuk engine matic baru yang membutuhkan kekentalan lebih. Karena ada yang dari awal mereka membutuhkan pelumas yang lebih kental. Dilihat dari kebutuhan pabrikannya," ujar Andria Nusa. 

"Ini sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia. Ini bagus untuk akselerasi, kecepatan, karena dia membuat friksi lebih halus. 

Chief Small Engine PT Pertamina Lubricants Totok Subagyo mengatakan, dengan viskositas yang lebih tinggi, kekentalan pelumas ini akan lebih stabil meski mesin dalam kondisi panas. Karenanya, pelumas ini cocok untuk digunakan di kemacetan juga. 

"Ini Matic-G lebih kental. Karena di kota-kota besar, sekarang ini kan lebih macet. Di kemacetan itu kan mesin hidup, tapi engine enggak jalan. Padahal engine kan pendinginnya udara, kalau enggak jalan, mesin hidup, jadi lebih panas. Kita menciptakan bagaimana ketika kondisi lebih panas saat tidak jalan, kekentalan pelumasnya masih stabil. Sehingga maksimal melumasi mesin," ujar Totok.